3 Metode Yang Benar Dalam Mendidik Anak Generasi Z

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap generasi itu akan tumbuh dan berkembang dengan cara yang berbeda-beda. Seiring dengan berjalannya waktu, kini kecanggihan teknologi pun sudah tidak dapat terbendung lagi. Terlepas dari semua hal itu, mungkin akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah generasi Z atau yang biasa di singkat gen Z. Ya, generasi Z ini adalah sebuah generasi yang lahir dan tumbuh di lingkungan serba digital seperti sekarang ini. Istilah generasi Z itu sendiri ditujukan bagi orang-orang yang lahir antara tahun 1995 sampai 2010. Menurut informasi yang di dapat, kehidupan generasi ini tidak bisa lepas dari kecanggihan teknologi gadget. Bahkan, di usianya yang masih terbilang dini, mereka ini sudah pandai dalam mengoperasikan berbagai jenis gadget. Maka dari itu, kita sebagai orang tua juga harus tahu tentang cara mendidiknya. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah 3 metode yang benar dalam mendidik anak generasi Z :

  1. Ajari Mereka Untuk Melakukan Aktivitas Secara Bersama-sama

Mengingat kehidupan anak gen Z tidak bisa lepas dari kecanggihan teknologi gadget, maka tak heran jika pribadinya itu cenderung penyendiri dan tidak terlalu peduli pada lingkungan di sekitarnya. Disamping itu, anak gen Z juga terbilang egois dan hanya akan mementingkan dirinya sendiri. Bahkan, mereka lebih suka berkomunikasi lewat aplikasi chat ketimbang berkomunikasi secara langsung. Maka dari itu, anda sebagai orang tua harus mengajari mereka untuk melakukan aktivitas secara bersama-sama. Dengan begitu, ia pun akan memahami lingkungan sekitar serta dapat peka terhadap perasaan orang lain.

  1. Ajak Mereka Untuk Mengerjakan Sesuatu Yang Baru

Perlu anda ketahui, bahwa anak-anak gen Z ini lebih terbuka pada segala sesuatu yang baru yang sedang populer. Dengan kata lain, mereka memiliki rasa keingintahuan yang begitu tinggi. Oleh karena itu, coba ajak mereka ke tampat-tempat yang selama ini belum pernah dikunjunginya.

  1. Harus Ada Ketegasan

Ketegasan para orang tua memang sangat dibutuhkan dalam mendidik anak gen Z. Pasalnya, ketegasan itulah yang akan mengajarkannya untuk menjadi anak yang disiplin pada waktu serta mentaati peraturan. Namun yang perlu anda ingat disini, bahwa ketegasan itu bukan berarti harus keras.

Itulah 3 metode yang benar dalam mendidik anak generasi Z, yang harus dilakukan oleh para orang tua. Mengingat ketersediaan waktu yang ada, maka kita akhiri dulu perjumpaannya sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *