5 Barang yang Paling Banyak Dicari Online Saat Ramadan

Di bulan Ramadan yang penuh berkah, ternyata minat belanja masyarakat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Google membuktikan hal ini dengan merilis data terkait peningkatan minat belanja saat bulan puasa. Menurut data yang terekam pada sistem mereka, hampir semua kategori produk mengalami kenaikan angka penjualan. Namun ada juga beberapa kategori yang permintaannya meningkat secara signifikan. Nah, apa saja barang-barang yang banyak dicari saat Ramadan?

Smartphone

Menurut Google, smartphone mengalami pertumbuhan pencarian sebesar 17 persen pada bulan puasa. Tak mengherankan, fungsi smartphone memang lebih maksimal saat digunakan di bulan Ramadan. Bukan cuma untuk hiburan, smartphone canggih masa kini juga bisa digunakan untuk menunjang ibadah bulan puasa dengan aplikasi pengingat waktu solat, Alquran, hingga zakat. Tentunya kecenderungan orang untuk membeli barang baru jelang Lebaran juga ikut mempengaruhi terjadinya peningkatan pembelian smartphone. Belum lagi banyak produsen smartphone yang memberikan promo khusus berupa potongan harga atau cashback dalam jumlah besar.

Tiket perjalanan

Tiket perjalanan juga menjadi salah satu barang yang banyak dicari saat Ramadan. Pertumbuhan pencarian tiket pesawat bahkan mengalami kenaikan hingga 30%, dan pencarian kereta api untuk mudik melonjak hingga 37%. Peningkatan permintaan ini biasanya disebabkan oleh kegiatan mudik Lebaran yang sudah menjadi tradisi turun menurun yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia sejak lama. Bahkan sebelum Ramadan tiba, sudah banyak orang yang memburu tiket mudik dari jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan. Meski harganya melonjak sekali pun, tak jarang orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi bisa bertemu sanak saudara di kampung halaman dan menikmati momen yang hanya terjadi setahun sekali ini.

Peralatan elektronik rumah tangga

Masih dari data yang dihimpun Google, produk elektronik rumah tangga mengalami peningkatan pencarian sebesar 24% menjelang bulan Ramadan hingga Idul Fitri. Barang yang paling diminati adalah kulkas, kipas angin, penanak nasi, dan alat pemanggang. Alat dapur seperti kulkas, penanak nasi, mesin cuci, dan alat pemanggang roti banyak dicari satu minggu sebelum Ramadan untuk membantu persiapan makanan selama bulan puasa. Sedangkan mesin cuci banyak dicari menjelang Idul Fitri karena banyak keluarga yang mau memudahkan pekerjaan rumah tangga selama PRT pulang kampung.

Pakaian

“Baju baru, alhamdulillah”, tentunya kamu sudah tak asing lagi kan dengan potongan lagu tersebut? Memang, banyak masyarakat yang mau mengenakan pakaian baru ketika bertemu sanak saudara mereka. Inilah salah satu faktor yang membuat pencarian terhadap produk pakaian juga mengalami peningkatan hingga 30% saat Ramadan. Produk fashion muslim seperti baju koko, hijab, peci, dan sebagainya pasti akan diincar oleh banyak orang. Apalagi saat ini ramai dijual baju koko Thanos dan T’challa Wakanda.

Furnitur dan dekorasi

Momen Ramadan dan Idul Fitri merupakan momen yang sangat tepat untuk menyambung silaturahmi. Maka dari itu, jangan heran kalau kamu menerima banyak undangan buka bersama di bulan Ramadan atau halal bi halal setelah Idul Fitri berlalu. Momen silaturahmi ini membuat banyak orang mulai mempercantik rumah, mengingat rumah akan dikunjungi oleh banyak tamu. Berkat hal ini, orang-orang pun mulai berburu barang-barang furnitur dan dekorasi seperti set sofa, bantal sofa, dan lainnya.

Selai merilis data mengenai produk apa saja yang banyak dicari di internet sepanjang Ramadan, Google juga merilis bahwa tren pencarian seputar kartu kredit tak kalah tinggi. Informasi seputar kartu kredit, promo kartu kredit, hingga berbagai program cicilan mulai banyak dicari masyarakat. Hal ini tentu selaras dengan meningkatnya minat belanja masyarakat.

Bukan melulu karena tak memiliki cukup uang tunai, banyak orang yang memilih menggunakan kartu kredit saat belanja kebutuhan Ramadan karena merasa lebih ringan dengan fasilitas cicilan. Dana yang dimiliki pun bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting, seperti biaya mudik misalnya. Tak jarang pula yang memilih untuk menabung atau menginvestasikan THR mereka.

Tak ada salahnya untuk membeli barang-barang di atas menggunakan kartu kredit, selama kamu menyesuaikan harga barang dengan penghasilanmu supaya beban cicilan tak mengganggu dana kebutuhan lainnya. Jika kamu belum memiliki kartu kredit, kamu bisa segera ajukan ke bank penerbit kartu kredit sesuai preferensimu. Namun harus diingat bahwa pembuatan kartu kredit memakan waktu yang tidak sebentar, mulai dari proses pengisian formulir hingga survei ke tempat tinggal, kira-kira proses pengajuanmu hingga disetujui oleh bank membutuhkan hitungan bulan. Untuk kamu yang mau proses pengajuan yang lebih praktis dan cepat, kamu bisa menggunakan Kredivo, kartu kredit digital yang prosesnya serba online, mudah, cepat, dan tanpa kartu kredit. Kamu tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play Store ataupun App Store, lalu ikuti instruksi pendaftaran sesuai dengan metode kredit yang dipilih. Kamu bisa memilih opsi “bayar dalam 30 hari” dengan bunga 0% alias tanpa bunga, atau “cicilan 3, 6, atau 12 bulan” bunga 2,95% per bulan dengan simulasi cicilan yang akan diberikan di awal secara transparan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *