Cara Mengatasi Penyakit Ikan Arwana

Kendala dalam proses pembudidayaan ikan arwana, nampaknya suatu hal yang wajar dan lumrah terjadi. Beberapa kendala yang sering terjadi antara lain adalah kematian serta serangan dari beragam penyakit ikan arwana lainnya.

Sebelum hal tersebut terjadi kenali terlebih dahulu ragam penyakit sekaligus tata cara mengatasi penyakit ikan arwana yang baik dan benar guna meminimalisir angka kematian dari ikan arwana yang dipelihara. Penasaran apa saja penyakit yang mampu menyerang ikan arwana serta bagaimana langkah mengatasi penyakit ikan arwana tersebut? Inilah penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Penyakit Ikan Arwana dan Tips Penangulangan Penyakit Ikan Arwana

  1. Penyakit Gigit Ekor

Penyakit yang disebabkan oleh parasit yang menempel pada bagian ekor sehingga mengakibatkan rasa gatal yang tak tertahankan ini mampu diatasi dengan cara yang mudah.

Anda hanya perlu memindahkan ikan arwana pada aquarium yang telah ditetesi obat Tropical Fish Medicine sebanyak 20 tetes. Biarkan beberapa hari hingga ikan arwana benar-benar sembuh baru kemudian pindahkan ke aquarium semula.

  1. Tutup Insang Melengkung

Suhu serta kualitas air pada aquarium mampu menyebabkan melengkungnya tutup ingsang pada ikan arwana, sehingga akan berubah warna menjadi hitam. Cara mengatasi penyakit yang sedemikian rupa, Anda hanya perlu menjaga kandungan oksigen pada air aquarium supaya tetap tinggi

  1. Mogok Makan

Biasanya kendala ini terjadi ketika ikan arwana terlalu sering diberi makan kelabang hidup. Nah untuk mengatasinya Anda tak perlu memberinya pakan selama seminggu, setelah melewati masa itu barulah asup nutrisinya dengan makanan jenis lainnya.

Bila cara ini kurang efektif, maka Anda dapat menggunakan alternatif langkah pengobatan yang lain dengan memberinya obat Hobbi Fishes ke dalam air aquarium.

Beberapa obat yang digunakan untuk mereda penyakit tersebut diatas biasanya terjual bebes disentra-sentra penjualan ikan hias ataupun pusat jual aquarium dan ikan arwana di beberapa wilayah sekitar Anda.

Demikianlah ulasan terkait jenis penyakit serta cara mengatasi penyakit ikan arwana yang dapat kami informasikan untuk Anda ada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *