Gejala Umum Hepatitis A dan Penyebabnya

Menurut alodokter.com hepatitis merupakan keadaan dimana hati menagalami peradangan yang diakibatkan oleh virus. Semua orang bersiko terserang penyakit hepatitis a. Terdapat gejala umum hepatitis A yang bisa kita lihat sebagai reaksi tubuh terhadap oran tubuh yang rusak.

Hepatitis a pada umumnya menyerang ornag dewasa karena kebiasan buruk pada tubuh yang sering dilakukan yaitu berupa 

  • sering mengonsumsi alkohol, seperti yang diketahui tidak ada keuntungannga kita mengonsumsi alkohol. Tubuh orang Indonesia tidak cocok dengan minum-minuman beralkohol. Negara kita yang beriklim tropis bertentangan dengan sifat alkolhol yang menghangatkan. Bagi orang luar lakohol berguna untuk memeprtahankan diri dari cauca dingin. Indonesia memiliki sinar dan panas matahari sepanjang tahun  jadi tidak gunanya alkohol bagi tubuh kita, yang ada hanya akan merusak tubuh. 
  • mempunayi penyakit atuto imun. Keadaan tubuh yang lemah akan mduah terserang penyakit. Jika tubuh seseroang mengidap penyait auto imun. Artinya tidak ada pelindung tubuh bagi bakteri dan virus yang masuk. Akibatnya banyak virus yang tidak dapat dilenyapkan oleh tubuh dan berkembang biak
  • zat racun atau dari obat-obatan yang diminum.  Racun dapat masuk kedalam tubuh manusai melaui cara apappun untuk itu diprerlukan perhatian lebih untuk mengetahui apa saja racun yang dapat menyerang tubuh manusia. Kita cenderung menggunakan obat-obaatn untuk mengurngi rasa sakit atau keluhan aygn dirasakan oleh tubuh. Namun tahukan kamu tidak semua obat aman bagi tubuh? Konsultasikan kepada dokter obat yang aman dikonsumsi tubuh. Ketahui obat apa yang menimbulakn alergi dan obat mana yang sepatutunya dihindari. 

Gejala umum yang dapat di lihat dan dirasakan dari hepatitis a  menurut hellosehat.com adalah :

 

  • fese berwarna pucat
  • mengalami gejala seperti flu, misalnya mual, muntah, lemas, dan demam serta meriang
  • merasakan nyeri pada perut. 
  • Mengalami penurunan berat badan tanpa sebab.
  • Warna urine seperti teh, berwarna gelap.
  • Tidak memilki nafsu makan yang baik atau tidak selera makan.

 

Semua orang beresiko terkna penyakit hepatitis a. Semuanya kembali kepada cara hepatitis dapat ditularkan apakah melaui makanan, atau kontak dengan air yang memilki virus hepatitis a, dan limbah yang tidak terkelola dengan baik juga beresiko menajdi tempat berkembangnya hepatitis a. Jamu harus berhati;-hati berada di lingkungan yang kumuh, tidak terawat dan rentan terhadap kuman penyakit.

Selain itu ada beberapa penularan yang dapat terjadi pada manusia yaitu pada petugas media yang menangani pasien dnegan penyakit hepatitis a. Mereka beresiko tertular penyakit hepatitis jenis a ini apabila tidak berhati- hati dalam merawat pasien. Virus hepatitis dapat perpindah dengan mudahnya ketubuh orang lain. penggunaan NAPZA dengan jarum suntik. Jarum suntik yang tidak steril menajdi tempat wabah virus penyakit berkembang, salah satu contohnya virus hepatitis. Mereka yang mengonsumsi narkoba dan secara bergiliran memakai jarum suntik yang beresiko sangat besar terluar penyakit ini. Berganti-ganti pasangan seksual. Hubungan seks memang sudah menjadi gaya hidup sekarang, namun dibalik itu smeua terdapat banyak bahaya yang akan mengintai para pelaku. Mereka yang tidak sadar akan bahaya yang akan ditimbulkan dari prilaku mereka sendiri perlu dihindari agar kita tidak tertular penyakit yang sama. Transfusi darah dapat menjadi salah satu penyebab menularnya virus hepatitis a. Kita tetap harsu berhati-hati dalam penggunaan jarum suntik pada tubuh. Terkadang bisa terjadi salah prosedur dan bakteri serta virus sudah masuk ke dalam tubuh. Kita harus cermat dalam melihat gejala umum yang ditimbulkan oleh hepatitis a agar bisa terhidar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *