Ikuti Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Mudah Berikut Ini!

Kemampuan mengingat sesuatu terkadang semakin berkurang ketika usia sudah semakin bertambah. Sehingga tak heran jika susah mengingat sesuatu selalu identik dengan sifat orang tua. Namun terkadang susah mengingat sesuatu tak jarang juga sudah dialami oleh mereka yang masih berusia muda. Padahal di usia yang masih produktif, dukungan daya ingat yang kuat akan sangat mempermudah segala kegiatan yang dilakukan. Daya ingat yang lemah tak jarang menjadi bumerang bagi beberapa orang yang mengalaminya. Tidak hanya merugikan diri sendiri saja, orang di sekitarnya terkadang juga bisa terkena dampaknya. Seperti lupa mengerjakan tugas penting di tempat kerja, lupa menaruh kunci rumah, dll. Maka dari itu, perlu cara meningkatkan daya ingat yang lemah tersebut untuk menghindari berbagai kerugian menimpa di kemudian hari.

Untuk meningkatkan daya ingat ada beberapa kiat-kiat khusus yang perlu Anda lakukan. Kiat-kiat khusus ini terbilang cukup mudah dilakukan, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terbebani dengan prosesnya yang merepotkan. Lantas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat. Berikut ini jawabannya:

  1. Hindari mengkonsumsi gula secara berlebihan.
    Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik. Sama halnya dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan. Dimana bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan penyakit kronis, serta bisa menyebabkan daya ingat menurun. Dari hasil penelitian, seseorang yang sering mengkonsumsi gula tambahan secara berlebihan rentan memiliki ingatan yang buruk dan volume otak yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sedikit gula.
  2. Beristirahat yang cukup.
    Tidur memegang peran penting bagi seseorang dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Dengan istirahat yang cukup akan membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari stress. Cukupi waktu istirahat dengan tidur sekitar 7-9 jam tiap harinya. Selain itu, pastikan tidur Anda berkualitas karena akan sangat membantu daya ingat dalam mempelajari suatu hal yang baru.
  3. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.
    Makanan yang dikonsumsi sangat diperlukan sebagai sumber energi dan nutrisi bagi tubuh. Ada beberapa makanan yang dipercaya sangat baik untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang berperan untuk mengontrol daya ingat. Adapun makanan yang berfungsi demikian terdapat pada jenis makanan yang berserat, mengandung antioksidan tinggi, dan mengandung vitamin, seperti pada buah dan sayur-sayuran.
  4. Olahraga secara teratur.
    Melakukan olahraga secara teratur juga bisa membantu meningkatkan daya ingat otak. Karena dengan berolahraga akan membuat anggota tubuh terbiasa bekerja dan berlatih, sehingga tidak mudah mengalami ketumpulan fungsi. Selain itu, olahraga juga akan membuat aliran darah menjadi semakin lancar. Hal inilah yang menyebabkan kinerja jantung semakin meningkat, begitu juga untuk oksigenisasi otak. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin setiap hari dengan durasi setidaknya 20 menit. Pilihan olahraga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan selera, seperti berenang, lari, atau bersepeda.
  5. Bersosialisasi dengan orang sekitar.
    Dikatakan jika bersosialisasi mampu meningkatkan daya ingat bukanlah tanpa alasan. Karena dengan bersosialisasi atau bergaul akan membantu mengasah otak dalam mengingat tiap momentum atau kejadian yang terjadi antara diri sendiri dengan orang-orang lain di dalamnya. Oleh karena itu, hindari kebiasaan anti sosial karena juga mampu menurunkan daya ingat Anda nantinya.
  6. Sering membaca buku.
    Cara meningkatkan daya ingat lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membiasakan membaca buku. Kegiatan ini mungkin ada beberapa orang yang menyukainya, namun ada juga yang tidak. Namun jika Anda mau melakukannya akan membuat daya ingat Anda semakin terasah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *