Ini Dia Bagian dan Harga Mesin Bubut Mini yang Harus Anda Ketahui

Bagi Anda yang sudah bergelut lama dalam dunia permesinan dan juga perkakas pastinya sudah tidak asing dengan mesin bubut. Mesin yang memiliki fungsi untuk menyayat berbagai jenis permukaan benda ketika sedang berputar sudah lama dipakai dari zaman dulu. Mesin ini sudah banyak dipakai di Indonesia sejak abad ke 19. Meski sudah lama, nyatanya prinsip kerja dari alat ini pun masih digunakan dengan maksimal dan juga dikembangkan agar semakin memenuhi kebutuhan para pekerja yang bergelut dalam bidang tersebut. Alat ini tentunya sangat penting untuk dimiliki oleh berbagai industri di Indonesia, namun tidak bisa sembarangan dipakai, karena memiliki resiko celaka yang lebih besar dibanding dengan alat-alat lainnya. Selain itu, ada beberapa jenis dari mesin bubut yang digunakan di Indonesia, salah satunya adalah yang berukuran mini. Hal tersebut dikarenakan harga mesin bubut mini sangat murah.

Mesin kecil tersebut juga memiliki bagian-bagian yang sama dengan jenis mesin lainnya, namun hanya berbeda ukuran saja, yaitu lebih kecil. Berikut adalah bagian-bagian pentingnya:

  1. Head Stock

Meski terbilang kecil, namun mesin ini juga tetap memiliki bagian head stock atau kepala tetap yang biasanya ada di samping kiri dari mesin tersebut. Fungsinya adalah untuk memutar benda yang akan dikikis atau disayat. Di bagian dalamnya, terdapat alat transmisi yang berbentuk roda gigi. Pada bagian yang satu ini, terdapat juga beberapa komponen yang bersifat akan memudahkan pekerjaan tersebut, seperti misalnya ada cakra bertingkat, plat mesin, engkol untuk mengatur pasangan dari roda gigi, motor untuk menggerakkan mesin, dan lain sebagainya.

  1. Meja Mesin

Selain memiliki head stock, bagian penting lainnya yang pasti dimiliki oleh mesin tersebut adalah meja mesin. Meski memiliki ukuran yang lebih kecil, mesin bubut yang berukuran mini juga dapat digunakan sebagai alas yang cukup kokoh untuk menahan dan menampung segala komponen mesin lainnya yang dipakai. Misalnya, kepala lepas, kepala tetap, eretan, dan lain sebagainya. Yang memiliki meja mesin yang kokoh biasanya juga memiliki harga mesin bubut mini yang sedikit lebih tinggi dari pasarannya saja. Jenis alat ini bisa Anda dapatkan dengan belanja online atau melakukan jual beli online menggunakan situs belanja online terpercaya yang saat ini begitu banyak digunakan masyarakat Indonesia.

  1. Eretan

Bagian selanjutnya yang juga sama dengan jenis lainnya adalah bagian eretan atau yang lebih banyak disebut dengan carriage. Komponen ini biasanya dipakai dalam proses pemakanan yang akan bekerja dengan cara bergerak ke kiri dan juga ke kanan. Ketika Anda menggunakan komponen ini, maka biasanya eretan utamanya akan bergerak dalam cakupan sepanjang meja kerjanya dan juga membawa eretan jenis lintang, atas dan juga dudukan pahat.

  1. Poros Penggerak

Bagian terakhir yang dimiliki mesin mini ini adalah poros penggerak yang kerap disebut dengan feed shaft yang memiliki fungsi membawa alat yang digunakan untuk memahat yang dipasangkan pada bagian tool post. Hal ini dimaksudkan untuk alat tersebut dapat mendekati benda atau objek yang akan dikerjakan dan terpasang pada bagian kepala tetapnya.

Beberapa bagian tersebutlah yang serupa dengan mesin bubut jenis lainnya. Untuk harga mesin bubut mini, jika Anda melihatnya di berbagai situs belanja online dan juga toko online, maka biasanya harga yang berkisar 1.7 juta sampai dengan 4 juta rupiah. Jika ingin memiliki mesin yang dapat digunakan untuk membubut jenis material lainnya, maka harga yang dibanderol adalah 10 juta hingga 20 juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *