Ini Gunung Keramat di Dunia

Gunung selalu mengandung misteri dan keindahan yang dikagumi kebanyakan orang. Kemegahan yang tak tertandingi seperti magnet, selalu menunggu untuk ditemukan. Di balik keberaniannya ada beberapa gunung yang dianggap suci di dunia. Tentang gunung yang mana? Ikuti langkah-langkah di bawah ini melalui Travelling Yuk.

  1. Gunung Paektu, Korea
    Salah satu gunung yang diselamatkan oleh masyarakat sekitar adalah Gunung Paektu. Gunung di semenanjung Korea ini memiliki banyak sejarah yang tidak banyak diketahui orang. Gunung inilah yang menjadi saksi bisu perang gerilya Korea melawan Jepang. Selain itu, orang Korea percaya bahwa Gunung Paektu adalah rumah leluhur mereka dan sebagai salah satu gunung “jiwa”. Gunung ini juga menjadi populer karena Presiden Korea Utara Kim Jong Un mengunjunginya beberapa waktu lalu. Tidak berjalan seperti biasa, tetapi ia menggunakan kuda putih dan ditemani oleh berbagai anggota keluarga.
  2. Gunung Kailash, Tibet
    Dataran tinggi Tibet juga memiliki gunung suci yang disebut Gunung Kailash. Dianggap sakral karena komunitas Hindu percaya bahwa gunung itu adalah rumah Dewa Siwa dan tempat kehidupan abadi. Apalagi Gunung Kailash adalah satu-satunya gunung yang disakralkan oleh lima agama, yaitu Ayyavazhi, Bon, Budha, Hindu, dan Jainisme. Setiap tahun orang-orang di sekitar Kailash melakukan ritual. Nama Kora, sebuah ritual yang mengelilingi Gunung Kailash. Padahal, menjejakkan kaki di gunung adalah tindakan yang melanggar kekudusan. Namun, diyakini bahwa Kora menghilangkan dosa saat hidup di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *