Kuliner Nan Nikmat Khas Sumatera Barat yang Wajib Dicicip

Berbicara mengenai kuliner, Indonesia terbilang kaya akan berbagai macam hidangan dengan rasa yang sangat lezat. Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner ketika berwisata IDN di beberapa daerah, misalnya Sumatera Barat. Nah, apabila Anda ingin menikmati kuliner khas Sumatera Barat maka harus baca artikel ini.

  1. Kawa Daun

Kawa daun atau disebut sebagai kopi daun adalah minuman dari daun kopi yang telah diseduh laiknya teh. Sebelum diseduh, daun kopi bakal disangrai sampai kering selama kurun waktu 12 jam. Sesudah itu, daun bisa dicampur menggunakan air dingin ataupun air mendidih. Kawa daun ini tidak disajikan menggunakan gelas maupun cangkir melainkan menggunakan batok kelapa yang dibelah.

Kebiasaan masyarakat daerah Minangkabau minum kawa daun ini semejak kehadiran VOC. Konon katanya, saati itu penduduk Sumatera Barat dilarang menikmati biji kopi. Akan tetapi, warga menjumpai bahwa daun kopi yang mempunyai kandungan kafein laiknya kopi pada umumnya.

  1. Dadiah

Bisa dikatakan jika Dadiah adalah yogurt tradisional khas masyarakat Minangkabau yang bahannya terbuat dari susu kerbau. Dadiah ini dibuat berdasarkan fermentasi yang sering diminum ketika sarapan bersama emping dan gula merah. Tidak hanya digunakan sebagai yogurt, masyarakat Minangkabau bisa mengonsumsi Dadiah sebagai lauk.

Ketika sedang difermentasi, Dadiah dimasukkan ke wadah yang terbuat dari bambu, yang kemudian ditutup menggunakan daun pisang ataupun waru. Proses fermentasi ini memakan waktu selama dua sampai tiga hari. Dadiah siap disantap apabila sudah mengental atau menggumpal.

  1. Palai Rinuak

Apabila Anda sedang berwisata ke Danau Minanjau, sebaiknya mencoba kuliner Palai Rinuak karena dijumpai di Danau Maninjau. Ikan ini ukurannya hanya sebesar batang korek api saja, namun soal rasa cukup gurih dan bisa membangkitkan selera makan.

Hidangan ini dibuat dari ikan rinuak yang diberi bumbu menggunakan parutan kepala dan bumbu rempah lainnya, yang selanjutnya dibungkus oleh daun pisang. Bentuknya sepintas raanya berbeda, tapi tidak perlu khawatir karena cukup enak dan membuat Anda ingin tambah.

Tiga kuliner khas Sumatera Barat sudah selesai kami bagikan. Semoga ketika Anda wisata IDN ke Sumatera Barat menyempatkan diri untuk menikmati sajian nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *