MAKANAN OLAHAN YANG TERBUAT DARI PARE

MAKANAN OLAHAN YANG TERBUAT DARI PARE
Pare merupakan


sayur yang berbentuk unik dan menarik. Dan sayuran ini terkenal akan rasanya yang khas yaitu pahit. Ternyata rasa pare yang pahit tidak menghalangi dirinya dapat dijadikan makanan yang enak. Berikut merupakan lima olahan dari pare yang dijamin tidak mengecewakan lidah:
Tumis Pare Teri Medan
Olahan pare dengan campuran teri Medan, ditumis atau dioseng dapat menimbulkan rasa yang sedap. Selain teri dapat juga diganti dengan ebi atau udang. Jika Anda penyuka pedas dapat ditambahkan cabe rawit. Bumbu yang digunakan semua diiris, kecuali lengkuas yang digeprek.
Landai Lauk Paria khas Kalimantan
Bagi penggemar pare wajib mencoba masakan yang satu ini. Olahan pare yang dipadukan dengan ikan goreng menambah nikmat dan cita rasa dari olahan pare ini. Ikan yang digunakan yaitu ikan belanak. Ikan terlebih dahulu digoreng selanjutnya ikan tersebut dimasukan ke dalam tumisan pare. Bumbu yang digunakan adalah, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar yang telahdibuang isinya, kunyit yang dimemarkan, lengkuas yang dimemarkan, serai, tomat yang dipotong-potong, daun jeruk yang diiris halus-halus, garam, merica bubuk, gula pasir, air dan minyak goreng.
Paria Kambu khas Makassar
Paria kambu yang artinya paria (pare) yang diberikan isi. Pare dipotong 4-5 cm, dikeluarkan isinya kemudian isi pare dengan kelapa sangrai yang telah dicampur dengan ikan teri basah yang telah dibuang kepala dan dihaluskan. Campur kelapa yang telah disangrai tadi dengan putih telur. Pare yang telah diisi lalu dikukus hingga matang kemudian disisihkan. Selanjutnya yaitu menumis bumbu yang telah dihaluskan yang terdiri dari, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, ketumbar, jintan,jahe, kunyit hingga harum. Kemudian tuang santan dan tunggu hingga mendidih. Masukan lengkuas, daun salam dan pare yang telah diisi tadi. Tunggu hingga mendidih. Setelah itu siap untuk disantap dan rasanya nikmat sekali.
Daging Tumis Pare
Daging tumis pare adalah olahan dari pare yang ditumis dengan daging yang dipotong kecil dan memanjang. Rasa pare yang tidak begitu pahit lagi dapat dipadukan dengan daging yang gurih akan membangkitkan selera makan. Akan lebih nikmat lagi jika disantap dengan nasi hangat.
Pare Sambel Kacang
Olahan yang terakhir adalah pare yang disantap dengan menggunakan sambel kacang, atau sering disebut dengan somay. Pare yang direbus dan diolah dengan sambal kacang sudah nikmat sekali rasanya.
Bagaimana apaka Anda tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *