Resep Salad Buah Sehat dan Mudah

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan lewat makanan. Soalnya, buah kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, kamu juga nggak perlu takut bosan makan buah dan sayur, karena mereka bisa diolah menjadi sajian salad yang lezat dan kaya manfaat. Nah, kali ini saya ingin bagi-bagi beberapa resep salad buah seperti pada https://www.generasimaju.co.id/resep-salad-buah-sehat dan sayur yang mudah kamu buat sendiri di rumah. Nggak kalah penting, biaya bahan-bahannya juga tergolong murah. Langsung coba sendiri ya!

1. Salad buah-buahan segar
Kalau kamu penyuka buah-buahan, resep ini patut kamu coba. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, seperti melon, semangka, dan pepaya, dijamin rasanya enak dan cara membuatnya sangat praktis.
Bahan-bahan:
– ½ buah melon, Rp10 ribu
– ½ buah semangka, Rp8 ribu
– ½ buah pepaya, Rp7 ribu
– Mayones secukupnya, Rp5 ribu/bungkus
– Susu kental manis putih secukupnya, Rp1.500/bungkus
-Keju parut secukupnya, Rp5 ribu/balok
Cara membuat:
Ambil melon, semangka, dan pepaya, potong dadu lalu tempatkan di sebuah mangkuk. Campurkan mayones dan sedikit susu kental manis, kemudian aduk sampai merata. Selanjutnya, tuangkan campuran mayones dan susu ke dalam potongan buah. Aduk hingga rata, tapi hati-hati agar buahnya nggak hancur. Terakhir, tambahkan keju parut sebagai topping. Salad buah segar untuk empat porsi siap dihidangkan.

2. Salad sayur dan tuna
Kalau kamu termasuk orang yang sulit meninggalkan kelezatan daging, resep ini akan mengubah mindset-mu tentang salad. Daging tuna yang lembut dipadu beberapa jenis sayuran tentu akan meningkatkan selera makanmu. Yuk, siapkan bahan-bahannya!
Bahan-bahan:
– 4 sdm tuna kalengan, Rp17 ribu
– 30 gr spageti, Rp5 ribu
– 1 sdm minyak zaitun, Rp45 ribu per botol
– 2 sdm mayones, Rp5 ribu
– 1 buah wortel, diparut, Rp3 ribu
– Beberapa lembar selada, Rp5 ribu
– Gula pasir secukupnya
– Garam secukupnya
Cara membuat:
Rebus spageti hingga matang, lalu tiriskan. Kemudian, campurkan tuna, minyak zaitun, mayones, garam, dan gula. Siapkan spageti, wortel, dan selada dalam wadah, lalu masukkan campuran ikan tuna di atas, aduk hingga rata. Salad sayur dan ikan tuna siap untuk disantap.

3. Salad jelly yoghurt
Kamu mungkin sering melihat salad buah dengan topping keju yang tebal di media sosial. Penyajiannya yang apik dan instagramable tentu menggugah seleramu. Namun, alih-alih membeli, lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah dengan resep di bawah ini.
Bahan-bahan:
– ½ buah melon, Rp10 ribu
– 1 buah naga, Rp6 ribu
– 1 buah kiwi, Rp8 ribu
– 1 cup plain yoghurt, Rp7.500
– Susu kental manis secukupnya, Rp1.500/bungkus
– 1 bungkus jelly, Rp4.500/bungkus
– Keju parut secukupnya, Rp5 ribu balok
Cara membuat:
Masak jelly, lalu masukkan ke dalam kulkas. Setelah dingin, potong jelly menjadi bentuk dadu. Siapkan buah naga dan melon, potong dadu. Masukkan potongan jelly, buah naga, dan melon ke dalam mangkuk, kemudian tuangkan yoghurt sedikit demi sedikit. Tambahkan parutan keju dan susu kental manis. Untuk mempercantik tampilannya, beri 4 potong buah kiwi di atasnya.

4. Salad Khas Indonesia
Siapa yang nggak mengenal pecel? Kuliner asli Madiun ini, boleh disebut sebagai salad khas Indonesia, lho. Kalau kamu tertarik membuatnya di rumah, coba saja resep berikut ini.
Bahan-bahan:
– 1 ikat kacang panjang, Rp5 ribu
– 1 genggam tauge, Rp4 ribu
– 1 ikat kangkung, Rp3 ribu
– 1 buah wortel, Rp3 ribu
– 1 bungkus bumbu pecel instan, Rp5 ribu
Cara membuat:
Potong-potong sayuran dan cuci bersih, lalu rebus hingga matang dan tiriskan. Seduh bumbu pecel instan dengan sedikit air panas. Taruh sayuran di atas wadah, lalu tuangkan dengan bumbu pecel. Pecel buatan sendiri siap disajikan untuk empat porsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *