Sedang Hamil? Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan Berikut Ini!

Tanda-tanda akan melahirkan antara perempuan satu dengan perempuan yang lain tidak selalu sama. Oleh karena itu, keadaan tersebut justru akan menimbulkan kecemasan tersendiri bagi calon ibu. Persalinan normal dengan persalinan yang melalui operasi caesar jelas akan berbeda. Anda dapat merencanakan kapan waktu melahirkan, apabila Anda menghendaki persalinan secara normal diperlukan kejelian untuk memahami secara jelas apa saja gejala-gejala yang muncul dalam tubuh saat hendak melahirkan. Terlebih bagi yang memiliki HPL sudah dekat.

Sebagian besar wanita akan memperoleh sebuah persalinan dengan usia kehamilan telah mencapai minggu ke 39 sampai dengan 41. Di usia kehamilan tersebut kondisi tubuh calon ibu sudah tentu mengalami banyak perubahan yang berkaitan dengan kelahiran. Berikut ini adalah tanda-tanda akan melahirkan:

  • Keluar lendir yang berlebihan

Saat Anda berada pada bulan-bulan akhir masa kehamilan, secara langsung tubuh akan mulai memproduksi progesteron yang nantinya akan melunakkan jaringan yang berada di sekitar serviks dan panggul. Kondisi inilah yang akan membuat volume lendir semakin banyak jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Apabila Anda sudah mendapati kondisi tersebut segera konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan.

  • Muncul rasa nyeri pada selangkangan

Apabila hpl Anda sudah dekat, Anda akan mendapati berbagai macam perubahan yang signifikan pada kondisi tubuh Anda. Pada beberapa wanita, ada beberapa yang mengalami pembengkakan pada kaki ketika sudah mendekati hari persalinan. Selain itu Anda juga akan merasakan rasa nyeri pada selakangan. Nyeri tersebut muncul akibat dari posisi kepala janin yang sudah mulai turun ke bawah dan sudah memasuki daerah panggul.

Selain ciri-ciri di atas Anda mungkin juga akan merasakan gejala-gejala yang lain seperti rasa pegal yang berlebihan pada tubuh bagian belakang Anda. Selain itu Anda juga akan mendapati lendir pada celana dalam Anda yang disertai dengan darah. Apabila Anda sudah mendapati gejala tersebut, segera pergi ke rumah sakit atau klinik persalinan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sangatlah penting untuk mengetahui tanda akan melahirkan karena jika sudah mengetahui gejala apa saja yang muncul sebelum melahirkan, maka Anda telah memiliki persiapan yang matang dan mental yang sudah kuat. Tidak sedikit wanita yang kadang merasa stres saat waktu untuk persalinan sudah semakin dekat. Hal ini dipicu karena rasa takut yang muncul dalam diri secara tidak sadar.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan diri dan siaga sebelum menyambut waktu persalinan, sebagai calon ibu Anda juga harus meminta kerjasama suami untuk siap menjadi suami siaga apabila terjadi suatu hal dalam persalinan Anda nantinya. Jika air ketuban sudah pecah, maka segera bergegaslah untuk menuju ke rumah sakit. Apabila ketuban sudah pecah, itu bisa menjadi sebuah tanda bahwa persalinan akan terjadi dalam waktu 24 jam.

Hal lain yang perlu Anda ingat selain tanda-tanda akan melahirkan adalah Anda harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk perlengkapan persalinan. Sehingga apabila air ketuban telah pecah Anda tidak perlu lagi ribet untuk memikirkan persiapan apa saja yang dibutuhkan saat persalinan nanti. Mengetahui gejala sebelum melahirkan memang sangat penting, terlebih bagi calon ibu yang akan melahirkan secara normal dan baru pertama kali melakukan persalinan. Penting untuk mengetahui hal tersebut karena dengan begitu akan mempermudah Anda untuk menghadapi masa persalinan yang tentunya cukup melelahkan dan menguras tenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *