Simak Dulu 4 Pertimbangan Ini untuk Memilih Sleeping Bag yang Tepat

Kantung tidur atau yang lebih populer disapa sleeping bag merupakan satu diantara sekian perlengkapan camping yang musti dibawa saat hiking ataupun camping. Kantung ini dipakai untuk tidur di malam hari pada saat menggelar tenda di tengah lapangan maupun diantara pepohonan sebuah kawasan hutan. Penggunaannya bahkan bisa dipakai langsung sekalipun tidak mendirikan tenda sehingga saat camping pun Anda bisa tidur dengan segera tanpa repot memasang pasak agar tenda bisa berdiri.

Selain dipergunakan untuk tidur sewaktu melakukan kegiatan outdoor seperti yang sudah disebutkan tadi. Rupanya kantung tidur ini juga bisa dipakai untuk tidur di rumah terutama ketika cuaca tengah dingin karena punya efek menghangatkan badan. Pada saat berkunjung ke situs belanja online untuk mencari produk satu ini dipastikan akan menjumpai banyak pilihan. Mulai dari merek, desain, sampai kisaran harganya sehingga pemilihan kantung tidur musti teliti agar nantinya tidak kecewa.

Pertimbangan Terbaik Memilih Kantung Tidur

Kantung tidur bisa membantu menjaga tubuh tetap hangat sekalipun tidur beratapkan langit malam di sebuah pegunungan maupun di tepi danau. Tentu memilih yang benar dan berkualitas sangat penting demi kenyamanan saat tidur dan bangun dalam kondisi bugar. Berikut pertimbangannya:

  1. Memperhatikan desain atau modelnya,

Pertimbangan pertama saat memilih kantung tidur ini adalah melihat modelnya seperti apa karena di pasaran terdapat beberapa pilihan. Bentuknya sendiri ada tiga, yakni bentuk mummy, rectangle, dan juga bentuk tapered. Memilihnya disesuaikan dengan kegiatan, misal saat mendaki gunung idealnya memakai bentuk mummy yang bisa menghangatkan seluruh badan.

  1. Menentukan bahan kantung tidur,

Pertimbangan berikutnya adalah dari bahan yang digunakan untuk membuat sleeping bag tersebut karena pilihannya ada beberapa. Terdapat empat jenis bahan yang lumrah digunakan yakni dimulai dari bahan polyester, parasit, dakron, dan juga bahan polar. Masing-masing bahan memiliki karakter tersendiri dalam menghangatkan badan. Apabila membutuhkan kantung tidur yang benar-benar membantu menjadikan tubuh hangat disarankan memilih bahan kombinasi antara polar dengan dakron.

  1. Pastikan ukurannya sudah tepat,

Pertimbangan selanjutnya adalah mengenai ukuran karena ukuran yang disediakan ini beragam, dimulai dari kantung tidur untuk anak-anak sampai orang dewasa. Dalam memilih ukuran tentu wajib menyesuaikan dengan tinggi badan. Harapannya adalah ketika dipakai tidur seluruh badan tertutup atau masuk ke dalam kantung tidur tersebut, sehingga memastikan tetap hangat. Udara malam di kawasan pegunungan maupun hutan biasanya sangat dingin jangan sampai mengalami hypothermia di tengah tidur Anda.

  1. Baiknya memiliki penutup kepala dan resleting berkualitas,

Beberapa kantung tidur didesain hanya sampai leher ke kaki, sehingga kepala, wajah, dan juga telinga tetap ada resiko membeku. Baiknya Anda memilih yang ada penutup kepalanya sehingga area ini terlindungi dan tetap hangat sebagaimana pada tubuh. Selain itu cek pula kualitas resleting yang digunakan, jangan sampai rusak begitu saja padahal baru dipakai satu atau dua kali saja. Cobalah dulu di tempat untuk memastikan resletingnya memang bisa diandalkan.

Kantung tidur menjadi perlengkapan yang wajib dibawa jika memang ada rencana menginap di alam terbuka. Namun tetap bisa dibawa sekalipun ada rencana PP karena kondisi di lapangan tidak menentu, bisa jadi Anda kemalaman dan memutuskan untuk bermalam di lokasi perjalanan. Kalau sudah membawa kantung tidur dijamin tenang karena terhindar dari resiko membeku di dinginnya udara alam terbuka, namun usahakan memilih sleeping bag berkualitas agar fungsinya maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *