Tips Menggunakan Kamera Gopro Hero di Siang Hari Agar Hasil Foto Memuaskan

Kamera Gopro hero merupakan salah satu kamera action yang sedang booming saat ini. Gopro umumnya digunakan untuk aktivitas luar ruangan, meskipun tidak sedikit juga yang menggunakannya di dalam ruangan. Kamera yang satu ini sangat cocok untuk yang suka berpetualang maupun aktivitas olahraga outdoor, seperti diving, surfing, selancar, motocross, paralayang, dan masih banyak lagi. Perbedaan utamanya terletak pada jangkauannya. Kamera action mampu membidik objek foto maupun gambar dengan jangkauan yang sangat luas dibandingkan kamera pada umumnya. Perbedaan lainnya terletak juga pada daya tahan kamera. Kamera action lebih tahan terhadap goncangan, cuaca ekstrim, air , serta tekanan karena memiliki lapisan pelindung khusus. Selain itu juga didukung dengan dukungan aksesoris tambahan yang dibutuhkan oleh penggunanya.

kamera merk Gopro terbilang sangat mudah ditemukan di berbagai toko kamera maupun toko online. Harga yang ditawarkan juga terbilang sangat beragam. Untuk menggunakan Gopro Anda setidaknya harus memiliki pengetahuan supaya bisa digunakan dengan optimal, terutama saat mengambil foto di siang hari. Umumnya orang-orang suka beraktivitas outdoor di siang hari karena menghindari pulang terlalu malam di jalanan. Untuk itu jika Anda menggunakan Gopro sebagai bagian dari aktivitas outdoor Anda sebaiknya kuasai terlebih dahulu tips-tips berikut ini agar hasil foto Anda tetap maksimal meskipun diambil di siang hari.

  1. Setting resolusi 5MP atau 8MP.

Untuk mendapatkan kesan cembung atau wide maka terlebih dahulu Anda harus melakukan setting pada kamera Gopro ke 5MP. Dengan settingan ini hasil gambar akan terlihat cembung atau wide. Anda bisa juga mengaturnya ke 8MP atau disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Gunakan ISO rendah.

Saat siang hari jangan melakukan setting ISO yang tinggi. Saat siang hari yang terik Anda bisa menggunakan settingan ISO 100 baru kalau menjelang sore hari Anda bisa mensetting ISO menjadi 400. Sebagai patokan saja, jika mengambil objek foto di tempat yang gelap Anda bisa menggunakan ISO yang tinggi, namun untuk pengambilan di tempat yang terang ISO yang digunakan lebih rendah.

  1. Setting exposure +0.7 atau +1.

Untuk settingan exposure yang terbaik saat mengambil objek foto di siang hari adalah +0.7 atau +1. Settingan exposure pada kamera action sama halnya seperti pada saat menggunakan shutter speed. Semakin tinggi settingan exposure yang digunakan maka hasil gambar akan terlihat terang.

  1. Mengaktifkan anti getar.

Mengaktifkan anti getar akan sangat berguna saat Anda mengambil gambar baik selfie maupun groupie namun secara tidak sengaja bergerak. Dengan pengaturan ini hasil gambar akan tetap jelas dan fokus. Anda bisa menonaktifkan anti getar jika gambar yang didapatkan terlalu gelap.

  1. Memilih sudut pandang foto dengan tepat.

Saat pengambilan gambar dengan Gopro, Anda harus mencari dahulu posisi terbaik pengambilan objek foto atau video. Selain itu memperhatikan juga komposisi subjek dengan pemilihan background yang sehingga hasil gambar terlihat bagus dan terkonsep.

  1. Mengatur format pengambilan gambar.

Umumnya pengambilan gambar maupun video dilakukan secara horisontal, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin bereksperimen dengan mengambil objek dengan cara vertikal.

  1. Mengambil video durasi pendek namun tajam.

Untuk kegiatan merekam dengan kamera action sebaiknya Anda menggunakan durasi pendek menggunakan mempertajam objek yang dituju.

  1. Menghubungkan Gopro dengan smartphone.

Untuk menemukan posisi yang tepat dan hasil gambar yang bagus, sebaiknya Anda menggunakan kamera Gopro dengan menghubungkannya terlebih dahulu dengan smartphone Anda agar mengetahui sudut pandang yang pas saat membidik objek foto.

  1. Memilih memori card yang kompatibel dengan Gopro.

Memilih memori card yang tidak sesuai akan menimbulkan masalah pada kamera, misalnya saja gambar tersendat saat membaca memori card pada kamera karena buffer Gopro yang habis dan menyebabkan recording terhenti, dlsb.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *